Wednesday, 14 December 2016

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan







Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan--Indonesia memiliki sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi yaitu Pertamina. Sebagian orang mungkin sering mendengar nama Pertamina saat membantu ibunya memasak di dapur menggunakan LPG Pertamina atau Bright Gas Hemat. Hal yang sama terjadi ketika kita hendak bepergian, kita pasti mengisi bahan bakar trasnportasi umum maupun kendaraan pribadi di SPBU Pertamina terdekat yang menyediakan berbagai produk BBM seperti pertalite, pertamax, pertamax plus, solar, biosolar dan sebagainya.

Ya, tepat sekali! Kata Pertamina memang tak asing lagi. Pertamina selalu membantu kita dalam beraktivitas dan menjalani rutinitas, tapi kebanyakan dari kita pasti ada yang belum mengenal siapa sih Pertamina? Sebenernya Pertamina itu singkatan dari Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara. Itu adalah awal perkenalan kita dengan Pertamina.
Pertamina sendiri berdiri pada tahun 1957 di Jakarta. Di usianya yang ke-59, Pertamina telah banyak memberikan inovasi produk yang sangat penting, berpengaruh dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Pertamina juga memiliki visi: “Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia”, dan misi: “Menjalankan usaha minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan secara terintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat”. Baiklah, kita akan mengulas Inovasi Produk Pertamina Berkualitas dan Ramah Lingkungan.


1. Pertalite
Pertalite Memiliki level research octane number (RON) 90, sehingga membuat pembakaran pada mesin kendaraan dengan teknologi terkini lebih baik dibandingkan dengan Premium yang memiliki RON 88. Pertalite sesuai untuk digunakan kendaraan bermotor roda dua hingga kendaraan multi purpose vehicle ukuran menengah. Pertalite merupakan produk inovasi BBM Berkualitas dari Pertamina.

Apakah Keunggulan Pertalite?
A. Durability
PERTALITE dapat dikategorikan sebagai bahan bakar kendaraan yang memenuhi syarat dasar durability/ketahanan, dumana bb kini tidak akan menimbulkan gangguan serta kerusakan mesin, karena kandungan oktan 90 lebih sesuai dengan perbandingan kompresi kebanyakan kendaraan bermotor yang beredar di indonesia.
Kandungan aditif detergent, anti korosi, serta pemisah air pada PERTALITE akan mengahambat proses korosi dan pembentukan deposit di dalam mesin.

B. Fuel Economy
Kesesuaian oktan 90 PERTALITE dengan perbandingan kompresi kebanyakan kendaraan beroperasi sesuai dengan rancangannya. Perbandingan Air Fuel Ratio yang lebih tinggi dengan konsumsi bahan bakar menjadikan kinerja mesin lebih optimal dan efisien untuk menempuh jarak lebih jauh karena biaya operasi bahan bakar dalam Rp/Km akan lebih hemat. Hal ini menjadikan pertalite sebagai produk BBM Oktan Tinggi Harga Terjangkau.

C. Performance
Kesesuaian angka Oktan PERTALITE dan Aditif yang dikandungnya dengan spesifikasi mesin akan menghasilkan performamesin yang jauh lebih baik dibandingkan ketika menggunakan Oktan 88. Hasilnya adalah tarikan lebih enteng, kecepatan yang lebih tinggi serta emisi gas buang yang lebih bersih. Hal ini akan menjadikan kendaran lebih lincah dalam bermanufer serta Pertalite merupakan BBM Ramah Lingkungan karena kadar gas emisi yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit



2. Pertamina Envogas
Pertamina Envogas adalah brand baru yang dipilih untuk Bahan Bakar Gas (BBG) yang sebelumnya diperkenalkan oleh Pertamina pada tahun 1986 dan 1992 melalui program Langit Biru dan kemudian diluncurkan kembali pada tanggal 10 Desember 2012.

Penggunaan brand baru ini merupakan bentuk aktualisasi semangat Pertamina untuk terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan energy masyarakat sehingga mampu memberikan manfaat yang optimal sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan.

Pertamina Envogas merupakan produk CNG (Compressed Natural Gas) atau Gas Alam Terkompresi yang diperoleh melalui proses kompresi metana (CH4) hasil ekstraksi gas alam dengan tekanan sebesar 200 s/d 275 BAR. Komposisi gas metana (CH4) yang mempunyai fraksi yang lebih ringan dari udara, membuat CNG akan terlepas ke udara seketika, saat terjadi kebocoran sehingga relatihf lebih aman dibandingkan dengan Bahan Bakar Minyak.

Penggunaan CNG sebagai bahan bakar, jauh lebih bersih dan ramah terhadap lingkungan dibandingkan dengan Bahan Bakar Minyak, hal ini disebabkan CNG menghasilkan emisi yang lebih sedikit dibandingkan dengan Bahan Bakar Minyak (1/3 kadaremisi BBM), selain itu dengan kandungan oktan (RON – Research Octane Number) sebesar 120, CNG juga mampu menghasilkan pembakaran yang lebih bersih, sehingga mesin kendaraan lebih awet dengan perawatan yang efisien. Harga Pertamina Envogas untuk sector transportasi saat ini ditetapkan oleh Pemerintah sebesar Rp 3,100/Lsp.

Itulah inovasi produk hilir migas pertamina yang terbaru sehingga menjadikan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.Produk-produk tersebut sangat cocok untuk kendaraan kita yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar gas (BBG).



Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

0 comments:

Post a Comment